Jumat, 26 Juni 2015

Contoh Pidato Fungsi Al-Quran dalam Kehidupan

1 Comment
COntoh Pidato Fungsi Al-Quran
Contoh pidato-fungsi Al Quran dalam ke hidupan
HDR rohimakumulloh.
AL Quran adalah kitab suci umat islam yang di turunkan oleh Alloh Swt kepada Nabi Muhammad Saw secara berangsur –angsur melalui Malaikat JIbril As.
   Al Quran merupakan kitab suci umat islam yang menjadi penutup dari kitab-kitab yang sebelumnya, dan Al Quran merupakan pedoman hidup sekaligus menjadi dasar hukum bagi seluruh umat manusia untuk mencapai kebahagiaan hidup baik itu di dunia atau di akhirat.

Dan mungkin oleh karena itu insya Alloh dalam kesempatan kali ini saya akan mempaparkan sebuah tema yang berjudul “PUNGSI AL QURAN DALAM KEHIDUPAN”

HDR rohimakumulloh
 Bersumber dari firman Alloh dalam Al Quran surat yunus ayat 57:
Yang artinya : Wahai manusia sungguh, telah dating pelajaran dari Tuhanmu, obat bagi penyakit yang ada di dalam dadamu, dan petunjuk serta rohmat bagi orang-orang yang beriman.

Dari ayat di atas bisa kita pahami dan simpulkan bahwa  Al Quran yang di turunkan oleh Alloh kepada kita memiliki pungsi di dalam kehidupan dan di antaranya

1). Yang pertama sebagai pelajaran.
    Alloh SWT menjadikan Al Quran sebagai pelajaran, kalau Al Quran di jadiakan sebagai pelajaran berarti wajib untuk di pelajari, kenapa ? sebab di dalam Al QUranlah kita akan bisa menemukan ilmu tentang rumus untuk menjalankan kehidup di dunia ini, baik dalam lingkup yang kecil yaitu diri sendiri, atau dalam lingkup yang besar yaitu sesama manusia. Tetapi untuk menjalankan ini semua harus bisa sesuai dengan pereaturan atau rumus yang telah Alloh jelaskan di dalam Al Quran, akan tetapi sangat di sayangkan pada jaman sekarang ini banyak manusia yang menjalankan hidupnya tanpa menggunakan rumus yang telah Alloh jelaskan di dalam Al Quran, sehingga wajar kita lihat banyak orang ketika mereka di  berikan satu ujian atau musibah yang menimpa mereka galaunya setengah mati bhkan ada pula yang berani mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri. Naudzubillah. Padahal banyak cara yang bisa kita lakukan untu mengatasi setiap masalah yang terjadi, kita tidak perlu meratapi dan bersedih hati.

Hdr rohimakumulloh.
 Akan tetapi ketika mereka di beri kelebihan oleh Alloh swt baik itu berupa harta, tahta, wanita dan lain sebagainya mereka lupa akan itu semua.

2).  yang kedua yaitu sebagai obat.
     Alloh swt menjadikan AL Quran sebagai obat yang dimaksud obat disini bukanlah obat dohir atau fisik tetapi yang di maksud di sini adalah obat hati atau ruhani, sebab dikala fisik kita dohir kita yangsakit kita masih bisa pergi berobat kerumah sakit akan tetapi di kala hatikita yang sakit kemana kita akan pergi berobat ? maka jawabannya yaitu Al Quran itu seendiri obatnya, yang di maksud penyakit hati di dini yaitu berupa iri hati, sombong takabur  dan lain sebagainya, padahal hadirin jikalau kita piker dengan keimanan kenapa kita harus iri dengan kelebihan orang lain, ataupun merasa sombong dengan apa yang kita miliki ? bukankah itu semua pada hakikatnya adalah sebagai uian dari Alloh bgi dirikita, yang kaya di ujidengan kekayaannya!!! Begitu pula Yang miskin di uji dengan kemiskinannya!!! Yang membedakan seseorang dihadapan Alloh hanyalah ketaqwa’anya, tidak peduli orang tak punya tak peduli orang kaya asal taqwa maka mulya di hadapan Alloh, kata alloh dalam AL Quran “INNAAKROMAKUM INDZALLOHI ATQOKUM” yang artinya: seseunguhnya orang orang yang mullya di sisi kami adalah -orang yang bertakwa. Itu poin yang kedua.

HDR rohimakumulloh
3). Dan poin yangketiga yaitu sebaga petunjuk.
      Alloh menurunkan Al Quran sebagai petunjuk bagi seluruh umat manusia, petunjuk yang akan menunjukan mana yang haq dan mana yang bathil, mana jalan menuju neraka dan mana jalan menuju surge.

4). Sebagai rohmat.
     Rohmat di sini maksudnya ialah nikmat atau keberkahan yang di berikan oleh Alloh kepada kita, apa keberkahan atau nikmat itu ? yaitu pemahaman diri kita terhadap Alquran itu sendiri, jadi Al Quran akan menjadi sebuah romat jikalau kita sudah menjadikan AlQuran sebagai pelajaran, obat dan petunjuk dan ketika itu semua sudah terlaksana maka AL quran akan dating kepada kita sebagai rohmat,  inilah Al Quran yang diturunkan oleh Alloh kepada kita jika AL-Quran itu benar-benar berjalan sesuai pungsunya maka keberkaha hidu pasti akan kita dapatkan dan kita rasakan.

Dan munkin oleh Karena itu saya mengaja kepada seluruh kaum muslimin marilah kita berpegang tegu kepada ajaran Al Quran dan Al Hadist supaya hiduo kita berkah dan tidak berjalan di dalam kegelapan atau kesesatan. Sebagai mana kata Nabi” TAROKTHUFIKUM AMRAINI INGTHAMASSAKTUM BIHIMA LANGTADZILU ABADZA KITHABALLOH WASUNATHAROSUL” yang artinya: kutinggalkan dua perkara jikalau kalian berpegang teguh kepada keduanya niscaya kalian tidak akan sesat untuk selamanya yaitu Al Quran dan Al Hadist.

HDR rohimakumulloh.
Mungkin dari awal samapai akhir bisa di tarik kesimpulan bahwasanya pungsi Al Quran dalam kehidupan sangatlah banyak dan di antaranya yaitu.

1). Sebagai pelajaran.
2). Sebagai obat hati.
3). Sebagai petunjuk.
 4). Sebagai rohmat.

Dan munkin dari awal sampai akhir di cukupkan sekian mohon maf atas segala kekurangan dan kesalahannya.

1 komentar:

 
back to top