Sabtu, 20 Juni 2015

Contoh Pidato keutamaan menuntut ilmu

1 Comment
Contoh Pidato - Keutamaan menuntut Ilmu
H.R rohimakumulloh.
Tidak ada kata yang paling indah yang terucap dari lisan seorang manusia walaupun itu kata di rangkai khusus oleh seorang pujangga cinta, dan di khususkan untuk seorang Wanita yang sedang membutuhkan kehangatan cinata dari seorang peria, tapi kata yang paling indah yang terucap dari lisan seorang manusia hanyalah memanjatkan puja kepada Alloh yang maha kuwasa, memanjatkan puji kepada dzat Alloh yang maha Suci, Dan bersyukur kepada dzat Alloh yang maha Gopur, yang mana berkat Qudrot dan Iradatnya melalui tanzizi hadistnya dan Dilalah kunpayakunya kita semua bisa berkumpul di tempat yang mulia ini,
Solawat bertangkaikan salamnya muda-mudahan senantiasa di limpah curahkan kepada Baginda Alam, baginda termulia anti durhaka, baginda tertinggi anti korupsi, pendobrak segala ajaran Komunis,Kapitalis dan orientalis yang telah membawa kita semua dari alam jahiliah kealam keislaman, dari alam gelap kealam terang benderang a'ni kanjeng Nabi Muhammad SAW.
Dan tidak lupapula kepada keluarganya, Sohabatnya, Tabi'in Tabiatnya dan mudah mudahan sampai kepada kita semua selaku umatnya. Ammin ya Alloh ya robala'lamin,
H.R  rohimakumulloh.
Ilmu merupakan sesuatu yang sangaat penting didalam menjalani kehidupan ini, setiap waktu manusia membutuhkan ilmu untuk menjani hidupnya, sebagai mana imam Ahmad berkata: “manusia membutuhkan ilmu lebih dari pada mereka membutuhkan makanan dan minuma, karena manusia membutuhkan, makanan dan minuman cukup satu atau dua kali sehari “
Akan tetapi manusia membutuhkan ilmu sebanyak bilangan napasnya, lalu hadirin apa sajakah keutaman ilmu itu ?
Dan  mungkin oleh karena itu Insya Alloh di dalam kesempatan kali ini saya akan mempaparkan sebuah tema yang berjudul “ KEUTAMAN ILMU”

H..R Rohimakumulloh
Keutamaan ilmu itu sebenarnya sangatlah banyak bahkan Ibnu Qoyyim  Al-Zauziah  di dalam kitabnya yaitu Tsamrotulilmi  menguraikan sampai 129  sisi keutmaan ilmu .
Lantas hadirin apa sajakah keutmaan ilmu itu  ?  dan adapun di antara keutamaan ilmu itu di antaranya :

1). keutaman ilmu yang pertama yang bersumberkan dari hadist rosululloh s.a.w
yang artinya: menuntut ilmu itu wajib hukumnya bagi setiap kaum muslimin baik itu laki laki ataupun seorang perempuan.
Hadis  sohih ini menjelaskan dengan tegas kewajiban menuntut  ilmu bagi setiap kaum muslimin , ilmu yang di maksud di sini ialah ilmu DIN ilmu agama,  ilmu ilmu agama yang wajib di tuntut oleh setiap muslim ialah ilmu aqidah, ibaadah, pengetahuan  tentang halal dan haram, ahlak  dan hal hal yang berkaitan denga apa saja yang di kerjakan didunia ini, dan ilmu inilah  yang di minta oleh baginda Nabi di dalam do’anya.

H.D,R rohimakumulloh
Salah satu ulama pernah berkata risalah nabi itu meliputi dua hal, ya itu ilmu yang bermangpa’at dan amal soleh, sebagai mana Alloh s.w.t berfirman dalam Al-Quran surat At-Taubat ayat 33.
Yang artinya: Dialah Alloh  yang telah mengutus rosulnya dengan membawa AL HUDA dan DINULHAQ, untuk di menangkan atas segala agama walaupun orang orang musrikin tidak menyukainya (QS. Ataubat 33).
AL-HUDA  pada ayat di atas ialah ilmu yang bermangpa’at, sedangkan DINULHAQ  ialah amal soleh yang terdiri dari ikhlas karena Alloh dan i'tiba kepada nabi Muhammad saw, dan dengan ilmu inilah bakal tegaknya dinulloh baik secara keyakinan, perkata'an  maupun perbuatan. 

2). menuntut ilmu merupakan ibadah.
Menuntut ilmu adalah ibadah bahkan merupakan ibadah yang paling agung dan yang paling utama sehingga Alloh swt  menjadikanya sebagai bagian dari jihad fisabillilah
Sebaggai mana Rosullulh s.a.w bersabda yang artinya: Barang siap keluar dalam rangka mencari ilmu maka sesungguhnya dia ada di dalam sabillilah hingga kembali (HR tirmizi).
Ilmu itu adalah hal yang tidak ada bandingannya bagi orang yang niatnya  benar yaitu niat mencari ilmu karena ingin menghilangkan kebodohan baik itu di didalam dirinya sendiri atau di dalam diri orang lain.  Itu poin yang ke dua.

HDR rohimakumulloh
3). Poin yang ketiga yaitu menuntut ilmu merupakan sarat sahnya amal.
Alloh memerintahkan manusia agar mencari ilmu atau berilmu sebelum berkata dan beramal. Sebagai mana Alloh berfirman di dalam Al-Quran surat Muhammad ayat 19.
Yang artinya: maka ketahuilah sesunguhnya tidak ada illah selain Alloh dan mohonlah ampun bagi dosa muserta bagi oramg  orang mukmin, dan sesungguhnya Alloh mengetahui tempat kamu berusaha  dan temapat  kamu tinggal.
Berhubungan dengan ayat ini, Alloh swt memerintahkan nabinya, dengan dua hal yaitu berilmu lalu beramal, hal ini bisa kita lihat dari susunan ayat di atas yaitu p’alam annahu Lailahaillalloh yang artinya: maka ketahuilah sesungguhnya tiada illah selain Alloh.
Ayat ini menunjukan perintah untuk berilmu, kemudian ayat ini di ikuti perintah untuk beramal yaitu: Wastagafirlizammbika dan mohon ampunbagi dosamu.
Dari ayat ini dapat kita ketahui bahwa  urutan ilmu mendahului urutan amal, sebab ilmu merupakan syarat keabsahan perkatan dan perbuatan.
Dan dalam ayat lain yaitu dalam surat  AL ISRO ayat 36  Alloh swt berfirman
Yang artinya: Dan janganlah mengucapkan sesuatu yang engkau tidak memiliki ilmu tentangnya, karena sesungguhnya pendengaran dan penglihtan dan hati itu semua akan di tanyakan.

HDR rohimakumulloh
Dalam tafsirnya  Imam Syaukoni mengatakan:  Sesunguhmya ayat ayat ini menunjukan atas tidak bolehnya beramal tanpa ilmu, nah dari poin ketiga ini kita bisa  memahami bahwa islam mewjibkan ilmu terlebih dahulu sebelum berkata dan beramal, inilah pendidikan yang sangat tinggi dalam islam yang mendasari segala sesuatu dengan ilmu.
Alloh swt juga memerintahkan agar kita bertanya kepada ahli ilmu jika kita tidak mengetahui, sebagai mana Alloh swt berfirman dalam Al-Quran Al-Anbia ayat 7.
  yang artinya,"Bertanyalah kepada ahli ilmu jikalau kalian tidak mengetahuinya, Al-Imam ibnu Qoyim di dalam kitabnya “Miftahudaris Sa'adah” menafsirkan ahludzikri dengan ahlulilmi.

4). Ilmu merupakan ciri kebaikan seseorang.
Dalam sebuah hadist dari muawiyah Rosululloh bersabda yang artinya: Barang siapa yang Alloh kehendaki padanya kebaikan, maka Alloh fahamkan dia dalam masalah agama (hr buhori muslim).
Hadist ini menunjukan tentang tanda tanda Alloh hendak memberikan kebaikan pada hambanya yaitu dengan memberikan paham di dalam masalah agama, hal itu karena denngan paham tentang masalah agama maka dirinya akan ibada atau menyembah hanya kepada Alloh dengan dan juga akan mengajak orang dengan ilmu juga.

HDR rohimakumulloh.
Oleh karena itu saya menghimbau sekaligus mengajak kepada semua kaum muslimin dan juga para santri, marilah kita tuntu ilmu selagi kita masih diberi kesepatan hidup oleh Alloh swt, sebab hanya dengan ilmu kita akan memperoleh kesuksesan baik itu di dunia atau pun di akhirat.
Dan mungkin dari awal sampai akhir bisa di tarik sebuah kesimpulan bahwa keutamaan ilmu itu ada banyak dan di antaranyan yaitu:

Dan dari awal sampai akhir di cukupkan sekian mohon ma’af atas segala kekurangan dan kesalahannya.


1 komentar:

 
back to top